Posted by : Raindeca Dzulikrom Haqqu Saturday, October 20, 2018

Sumber: Bukalapak

   Dalam penulisan artikel kali ini saya akan mengulas suatu produk IT yang paling vital penggunaannya. Ya, yaitu alat input keyboard, Keyboard merupakan suatu alat yang menjadi perantara antara interface user ke dalam komputer yang hanya menerima kode biner saja. Apakah suatu brand keyboard dapat mempengaruhi performa seseorang? Menurut penulis pribadi bukanlah brand yang mempengaruhi tingkat ergonomi keyboard Melainkan tingkat desain dan kegunaan jenis apa yang mempengaruhi ergonomi tersebut.
      Lalu mengapa penulis membuat ulasan tentang keyboard jenis ini? Alasannya karena kebetulan saya mempunyai jenis keyboard ini dan sejujurnya, sepertinya sedikit orang mengetahui keyboard yang underrated ini. Jika dikatakan mahal justru keyboard ini setara harga keyboard pasaran seperti LogiTech K100 yang sering digunakan untuk office works
     Secara garis besar tujuan seseorang membeli keyboard untuk dua kegunaan yaitu office works atau untuk kegiatan pekerjaan atau Gaming works untuk bermain game. Kedua hal ini sangatlah perlu diketahui karena desain keduanya benar - benar berbeda dan harganya pun juga berbeda. Jika Office workz menghandalkan kenyamanan dan kepraktisan, gaming keyboard justru mempunyai desain yang bermacam - macam mulai yang simpel hingga yang bermodel - model layaknya otomotif. Lalu bahan tuts keyboard juga menjadi petimbangan ketika membeli suatu jenis keyboard baik office atau gaming.
     Keyboard mempunyai dua jenis tuts yaitu membran dan mekanik. Pasti akan ada yang bertanya mengenai keyboard semi-mekanik. Menurut pengalaman penulis semi-mekanik itu sebenarnya membran tetapi di desain agar sensasinya mirip mekanik. Jika sudah diketahui bahwa keyboard membran diberi nama tersebut karena setiap tutsnya diberi lapisan membran transparan yang menjadi media input via motherboard di dalamnya maka mekanik mempunyai bahan tersendiri. Ada tiga jenis buttons yang dimiliki mekanikal keyboard yaitu blue,red, dan brown Switch. Ketiganya mempunyai ciri khas masing - masing namun yang jelas bukan hal itu yang penulis ingin sampaikan.
     Dalam ulasan kali ini akan penulis jabarkan apa yang penulis tau mengenai keyboard ini, dari pada lama menunggu mari kita baca dengan seksama.

A. Murah
Sumber: Dokumen Penulis

     Ya, Keyboard ini termasuk terjangkau untuk tawarannya sebagai keyboard Office Gaming. jika pembaca membuka situs contohnya To**pedia, maka harga keyboard ini bahkan ada yang hanya berkisar di bawah 100 ribu. sangat murah bukan?

B. Empuk

     Keyboard ini mempunyai "tekstur"yang empuk. Hal ini tentu sangat berguna untuk kegiatan mengetik karena jika suatu keyboard terlalu keras tutsnya maka hal tersebut dapat mencederai jari dari pembaca sendiri dan tentu memperlambat pembaca untuk menulis suatu hal. Namun keyboard yang terlalu empuk terkadang mempunyai kerawanan yaitu mudah melakukan "typo" karena menulis terlalu cepat. Oleh karena itu, keyboard empuk ini sejujurnya membuat penulis sulit untuk mengetik benar namun karena sudah terbiasa maka sudah tidak lagi.
     Dalam sisi gaming, keyboard empuk ini sangat berguna untuk mengurangi strain ketika bermain cepat. Sebut salah satu game rythm musik Osu!Mania yang membutuhkan kecepatan jari yang tinggi. Keyboard ini sangat nyaman ketika digunakan untuk nada stream.

C. Anti Ghost keys
     Hal ini merupakan hal penting bagi para gamers. Ghost keys adalah keadaan di mana ketika kita menekan beberapa tombol sekaligus pada papan keyboard dan hanya akan ada beberapa huruf saja yang merespon dan yang lainnya tidak. Misal ketika kita membuka notepad dan menekan huruf dfjk sekaligus, apa yang terjadi? jika ter-input semua maka keyboard anda tidak ghost keys namun jika tidak maka keyboard anda ghost keys. Mengenai keyboard ini, saya sudah mencobanya dan ternyata memang benar tidak ghost keys. Namun, masih ada beberapa spot yang dapat mengakibatkan ghost keys pada keyboard ini yaitu ketika menekan qwe <spasi> iop. akan ada satu huruf yang hilang. Artinya keyboard ini hanya "Anti" bukan "Null" Ghost Keys seperti mekanikal keyboard.

D. Anti Slip
Sumber: Tokopedia

     keyboard ini mempunyai susunan huruf yang rapat sehingga mengurangi resiko slip ketika mengetik. Sebagai catatan bahwa pengguna dapat mencongkel huruf - huruf keyboard ini dari atas untuk membersihkan debu jika memang masih ada noda di keyboard anda..

E. Tidak mempunyai backlight jika dikatakan keyboard gaming.
     Salah satu ciri khas keyboard gaming ialah mereka mempunyai backlight di dalam motherboard nya sehingga pengguna dapat melihat papan keyboard walau dalam keadaan gelap. Namun, sebenarnya penulis pribadi kurang menyukai hal tersebut karena sedikit "berlebihan" dan menyilaukan.

F. Terkadang berisik terkadang tidak.

Sumber: Dokumen Penulis

     Maksud dari pernyataan ini ialah ketika kalian mengetikan sesuatu dengan keyboard ini maka suaranya terdengar sangat lembut dan bahkan hampir tidak terdengar suaranya sama sekali. Namun, Ada satu tombol yang saya kurang sukai suaranya di dalam keyboard ini. Tombol yang penulis maksud adalah tombol spasinya. Terdengar berisik sekali dan cukup mengganggu jika di dengar.

G. USB Error
     Ini rare case tapi beberapa yang mempunyai keyboard ini mempunyai masalah di USB Portnya. terkadang connect terkadang tidak sehingga sangat menggangu, namun lucunya setelah penggunakan jangka panjang justru keyboard ini bekerja dengan sempurna. Aneh.

H. Ukiran di setiap keys mudah pudar
Sumber: Dokumen Penulis

     Jika pembaca merupakan gamers maka jangan salahkan bahwa kurang dari 2- 3 jam setelah membeli keyboard ini beberapa huruf yang suka dipencet akan memudar tuilisannya. tetapi menurut penulis pribadi ini bukan amsalah serius tetapi kembali kepadapembaca masing - masing.

I. Makan tempat
     Keyboard ini mempunyai model "bat" sehingga memakan tempat yang cukup besar dan kurang cocok bagi yang suka berpegian dengan tas kecil. namun pengalaman pribadi, saya sering membawa keyboard ini ketika keluar. Walau makan tempat namun uniknya bahwa keybaord ini sama sekali tidak berat sehingga tidak terlalu membebani pundah penulis.

     Mungkin itu saja yang penulis dapat sampaikan, jika ada pertanyaan dapat langsung mengomentari artikel ini ya dan tuliskan pertnyaannya. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eucliwood Hellscythe's Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -