Posted by : Raindeca Dzulikrom Haqqu Saturday, September 28, 2019

Source: Gudang RPL
   Halo pembaca setia! Sudah lama sejak saya berkesempatan untuk menulis berbagai hal menarik seputar teknologi yang ada di dunia ini. Kali ini, saya akan membahas mengenai dua bahasan umum yang tidak jauh dari kehidupan kita. Kedua hal itu ialah Grafika Komputer dan Pengolahan Citra.

   Dalam artikel pertama ini, saya akan menekankan masalah Grafika Komputer serta penerapan dari topik pembahasan tersebut. Baiklah mari kita mulai drill and funnya!

Grafika Komputer

Source: Tekno Borneo
   Sesuai dengan thumbnail di atas, sebelum kita akrab dengan grafika komputer maka pembaca perlu tahu dan mengenal dirinya. Kira - Kira Apakah itu Grafika Komputer?

   Kalau kita chop word topik ini maka kita akan mendapatkan dua kata yaitu grafika dan komputer. Grafika adalah suatu pembentukan pesan atau gagasan dari kumpulan objek deskriptif sedangkan komputer adalah sebuah objek yang menampilkan makna dari grafika itu sendiri.

   Jika kita gabung kembali maka dapat kita asumsikan bahwa grafika komputer adalah metode penyampaian pesan yang disalurkan menuju komputer dengan output objek deskriptif yaitu gambar atau visual.

  Menurut Zulfian Asmi dalam jurnalnya yang berjudul IMPLEMENTASI GRAFIKA KOMPUTER UNTUK PEMBUATAN ANIMASI, Grafika Komputer adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan komputer dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar suatu objek.

   Dari dua definisi ini tidak jauh beda bukan? Artinya kita sudah sedikit mengenal tentang topik pembahasan artikel ini. Selanjutnya kita akan membahas mengenai penerapan dari grafika komputer.

Penerapan Grafika Komputer

Source: Wahyu Diyono
   Kita tentu sudah punya pemikiran bahwa sebuah gambar tidak seenaknya keluar tanpa ada suatu proses. Proses kerja dari grafika komputer itu sendiri tidaklah mudah. Banyak algoritma serta tahapan dalam menjadikan kumpulan objek deskriptif itu menjadi sebuah gambar. Untuk lebih mengenal lagi saksikan video Youtube berikut:

   Dari konsep video di atas kita dapat melihat bebagai peluang serta implementasi dari grafika komputer. Implementasi tersebut berada di banyak bidang seperti seni, marketing, permainan, statistika, hiburan, dan lain sebagainya.

   Mari kita bahas satu bidang saja yaitu seni (atau mungkin hiburan). Konsep grafika komputer ialah mengubah sebuah objek deskriptif menjadi sebuah gambar atau citra. artinya ia mengubah data abstrak menjadi sebuah data visual multiguna. Hal itu terlihat dalam metode pembuatan 3D modeling.

   3D Modeling adalah metode pembuatan objek visual di mana ia dapat memanifestasikan sebuah objek layaknya dunia nyata dengan axis X, Y , dan Z. Konsep 3D modeling ini tidaklah instan. Pertama mereka perlu membuat model seperti clay dan membentuk gambarnya agar lebih jelas.

   Secara spesifik proses pembentukan model inilah yang disebut proses grafika komputer sedangkan hasil pemanis seperti warna, bentuk, dan apapun upaya agar gambar lebih optimalisasi disebut pengolahan citra.

   Untuk lebih jelasnya, silahkan pembaca melihat arah kerja dari grafika komputer dan pengolahan citra berikut ini:

Source: Universitas Gunadarma


1. Live2D

   Mari kita mundur satu dimensi agar kita dapat mengenal mengenai proses kerja grafika komputer. Pernahkah pembaca mengenal istilah Live2D ? ini merupakan sebuah trend animasi di mana kita membuat gambar 2D seolah - oleh hidup layaknya 3D namun tidak menambah usur axis Z di dalamnya.

   Coba kita perhatikan video sederhana dari Live2D di bawah ini:


   Kita dapat melihat secara sekilas bahwa untuk membuat sebuah Live2D diperlukan tool khusus seperti polygon yang dilakukan terus menerus agar gambar terlihat hidup. Mari kita bedah proses yang sebenarnya terjadi.

   Pertama, seorang illustrator akan membuat kerangka dasar dari gambar tersebut. Proses pembuatan kerangka dasar untuk sebuah tokoh 2D biasanya membutuhkan banyak tools seperti lingkaran, Eclipse, Kotak, Polygon, garis, dan aneka bentuk lainnya. Tools yang disebutkan tersebut merupakan pembentuk data deskriptif. Jika ditanya di mana asal data deskriptif tersebut. Maka hal tersebut didapatkan dari sketch dasar bentuk semestinya.

Source: Painting Valley

   Gambar di atas merupakan hasil output dari grafika komputer. Ia sudah mempunyai output namun hasilnya tidak sempurna. Tahap penyempurnaan inilah tugas dari pengolahan citra.

2. Sketsa Arsitektur Bangunan

Source: Berakal
   Konsepnya mirip dengan contoh pertama. Pertama, kita akan membuat sketsa bangunan tersebut. Setelah itu kita melakukan tahap designing menggunakan software untuk membuat gambar seperti thumbnail di atas. Terakhir ialah pemberian warna dan lain - lain sehingga menjadi citra yang sempurna.

Penutup


   Dari penjabaran yang sudah dibaca, maka kita dapat menyimpulkan bahwa grafika dan penerapannya merupakan suatu perjalanan yang kompleks dan hasil dari grafika itu sendiri bukanlah citra yang sempurna melainkan sebuah citra yang merepresentasikan hasil dari sebuah data. Sebenarnya akan lebih mudah jika saya menggunakan contoh grafika untuk model statistik karena contoh seperti pie chart pun merupakan hasil grafika komputer. Namun, akan lebih baik jika kita melihatnya dari unsur yang lekat dengan kehidupan kita.

   Artikel Berikutnya akan membahas pengolahan citra serta penerapannya. Walau sebenarnya beberapa hal sudah di bahas di artikel ini, namun akan saya kupas lebih dalam mengenai hal tersebut. Bahasan berikutnya akan saya perdalam mengenai pengolahan citra seperti teknik Rotoscope. pernah dengar? Lalu beberapa hal unik lainnya.

Baiklah, sampai jumpa di artikel Berikutnya!


Daftar Pustaka

http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.6 Diakses pada 28 September 2019 pukul 20:08 WIB

Azmi, Zulfian, 2011, Implementasi Grafika Komputer Untuk Pembuatan Animasi, Vol. 10, No. 3, September 2011 ed. Sumatera Utara: Jurnal SAINTIKOM

Verra Chilfiyanti, dkk, 2016, Pemanfaatan Grafika Komputer Dalam Pengolahan Citra, ed. STMIK Surya Intan



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eucliwood Hellscythe's Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -