Posted by : Raindeca Dzulikrom Haqqu Saturday, November 3, 2018

A. Latar Belakang dan Rumusan Masalah
     Di era globalisasi ini dibutuhkan segala macam akses yang cepat. Hal ini tentu harus dicermati terutama bagi orang- orang yang mempunyai sense of business yang kuat. Dengan mengetahui hal tersebut, para pembisnis terutama yang berkecimpung di dunia komputer mempunyai satu langkah lebih maju dalam melihat prospek menggiurkan ini.
     Dalam perkembangan Teknelogi dan Informasi, terdapat beberapa istilah populer yang ada di internet yaitu Cloud Computing, Mobile Computing, ubiquitous computing, Nnao Science, dan grid Technology. Hal - hal ini perlu diketahuii di era modern ini dikarenakan perkembangan zaman memaksa kita untuk melakukan berbagai macam inovasi yang dibutuhkan dalam persaingan bisnis ini.
     Bedasarkan hal di atas maka saya pun membuat tulisan ini dengan permasalahan mengenai pengetahuan pembaca mengenai definsi dari judul di atas. semua hal di atas merupakan keharusan yang diketahui seseorang terutama yang berniat mendekati diri di dunia IT. Oleh karena itu, saya harapkan tulisan ini dapat berguna bagi pembaca.

B. Cloud Computing
     Apakah pembaca tahu mengapa ada sebuah istilah yang disebut cloud computing?  Saya akan menuliskan alasan mengapa ada istilah tersebut. Kita mengetahui bahwa pada era sebelumnya untuk menyimpan berbagai macam data kita membutuhkan suatu wadah yang disebut server. Di dalam server terdapat berbagai macam data yang dapat diakses oleh semua computer client yang mengakesnya. Lalu dari perkembangan tersebut mulai timbul adanya masalah. Coba bayangkan bahwa server itu terbuat dari piranti keras dan lama -kelamaan digunakan secara terus menerus. Tentu server tersebut akan cepat usang dan rusak. Tidak hanya itu, semakin banyak yang mengakses database di server kita maka lama - kelamaan pula akan terjadi bad traffic menuju server kita. Lalu ketika terjaid kerusakan maka dibutuhkan tim teknisi untuk memperbaikinya. Coba bayangkan berapa yang haruss dibayar untuk membenahi masalah sebesar itu? Belum lagi  satu - satunya cara untuk mengurangi beban di satu server adalah membeli wadah server baru yang lagi - lagi akan memakan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika ternyata kita mempunyai server yang justru tidak terpakai.. Hal itu membuat kita harus membayar ke ssesuatu yang bahkan kita tidak gunakan secara efektif.
     Beadasrkan masalah - masalah itu maka diciptakanlah sebuah inovasi yang disebut cloud computing. cloud  jangan di maknai secarah literal. konsepnya seperti ini, bagaimana jika kita sebagai pemilik perusahaan menaruh database serve kita di suatu "remote server" yang kita bisa akses tanpa perlu menyentuk bentuk fisik dari server tersebut. Ya, dapat dikatakan bahwa server cloud ini bersifat virtual dan tidak dapat diraba. Selanjutnya server virtual ini ketika di akses maka mereka akan di bawa ke server remote yang telah kita sediakan bukan menuju server utama. Hal ini akan memepercepat akses dan mengurangi biaya yang tidak perlu. Terlebih biaya menyewa cloud server lebih murah dari pada membeli server secara langsung dan pembayaran terjadi jika dan hanya jika server itu diaktifkan. Jika tidak? cukup dimatikan dan tidak memakan biaya. Itulah Cloud computing yaitu suatu keadaan di mana komputer mengakses suatu server yang sebenanrya virtual yang berada di suatu tempat bagaikan di awan.
     Untuk lebih jelasnya, pembaca dapat menyaksikan video di bawah ini:

Source: HighTechDad Youtube Channel

C. Mobile Computing / Nomadic Computing
     selanjutnya adalah isitlah yang kita sebut mobile computing atau punya nama lain nomadic computing. Sebenarnya mobile computing mempunyai kaitan erat dengan cloud computing. Namun, yang membedakan adalah dari sisi mana pengguna melihatnya. secara definisi mobile computing berarti suatu keadaan di mana berbagai jenis devices yang berbeda (seperti, laptop, smartphone, PDA, dll) dapat mengakes suatu data dan transmisi data yang dibutuhkan melalui jariangan wireless secara bebas dan fleksibel (mobile).
     Bisa dikatakan inovasi ini lahir karena keterbutuhan akses yang cvepat oleh pengguna dan solusi inilah yang dapat diberikan oleh pihak perusahaan.

D. Ubiquitous Computing
     Berikutnya adalah isitilah yang kurang lumrah bagi kalangan IT pemula atau orang awam pada umumnya. Ya, apakah pembaca tahu mengenai apa itu ubiquitous computing? Jika tidak maka akan saya jelaskan. Ubiquitous computing merupakan suatu terobosan terbaru yang spektakuler. Ubiquitous computing adalah suatu keadaan di mana komputer dapat berada di segala tempat di muka bumi ini seperti di sekolah, di jalan, di kampus, dan di mana saja kita berada. Hal ini sudah terealisasikan dengan adanya smartphone yang sebenarnya merupakan komputer mini yang dapat di bawa. Hal ini merupakan era baru yang bisa kita sebut infinite computing
     Untuk lebih jelasnya, pembaca mungkin haru smembaca cuplikan di bawah ini:

Source: Singularity Prosperity Youtube Channel

\
     Dengan menggunakan konsep itu maka Ubiquitous computing akan menjadi suatu pola hidup baru yang akan hadir di masa depan nanti.


E. Nano Science
     Sebenarnya saya kurang paham dengan istilah ini namun mungkinj yang di maksud adalah nano computing yaitu sebuah komputer yang bahkan lebih kecil dari pada komputer mini. Bisa dikatakan bahwa akan ada sebuah komputer yang makin lama makin kecil hingga ukuran seperti nano. Sebenarnya teknelogi ini sudah ada konsepnya. Salah satunya ada penerapan nanobot ke dalam tubuh sebagai sistem kekebalan tubuh. Dengan teknelogi dan medis manusia sebenarnya sudah punya teknologi untuk dapat membunuh berbagai macam penyakit atau virus secara sendiri. Namun hal ini masih pro - kontra terhadap konsep ini.
Source: Vikki Academy youtube Channel


F. Grid Technology/Grid Computing
     Apakah ada yang mengetahu mengenai kata grid? Jika tidak, grid merupakan suatu medium (Seperti jala atau kisi) yang bertugas menyalurkan sesuatu. Lalu sekarang bayangkan jika konsep ini diterapkan dalam pengaplikasian komputer. Jadilah grid computing. Grid computing adalah suatu kumpulan computer resources(seperti browser, aplikasi, devices,dll) yang terhubung menggunakan grid untuk emncapai tujuan yang sama.
     Gambarannya seperti ini, misal ada kupulan server yang terhubung oleh internet/network lalu semua server yang terpisah - pisah namun dihubungkan oleh grid itu terpusat ke dalam suatu wadah yang mempunyai database sendiri yaitu grid server. Dari lokasi itu berbagai devives akan menyatukan informasi yang mereka miliki dan mengakses server sesuai dengan grid - grid yang dituju.
     Untuk lebih detailnya, pembaca dapat menyaksikan video di bawah ini:

Source: Education 4u

G. Penutup
     Bedasarkan istilah - istilah di atas dikatakan bahwa di dunia ini terdapat berbagai isitilah yang sebenarnya ada di sekitar kita. Semua yang kita rasakan dan lakukan tanpa sadar merupakan suatu program yang telah diciptakan oleh para pakar yang ahli dibidangnya. Oleh karena itu diharapkan kita manusia akan berkembang semakin maju lagi dan lebih melakukan inovasi untuk masa depan yang akan datang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eucliwood Hellscythe's Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -