Posted by : Raindeca Dzulikrom Haqqu Sunday, March 29, 2020

Source: Kompas
   Pada artikel sebelumnya, pembaca sudah mengetahui tentang dampak negatif dari adanya wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pada sektor bisnis lokal, nasional, ataupun global. Maka pada pembahasan kali ini, saya akan memaparkan dampak positif terhadap peluang bisnis pada scope yang sama.

   Namun, sebelum memasuki ranah tersebut, mari kita reka ulang mengenai apa itu COVID-19 sebenarnya. hal ini perlu agar pembaca minimal memahami konsep penyakit COVID-19 ini. Apakah pembaca sudah siap? Mari kita mulai.

   COVID-19 merupakan penyakit berupa virus yang dapat menyerang dan mengganggu kerja pernapasan manusia. Penyakit ini mempunyai alias yaitu Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini mempunyai komplikasi kepada penyakit pernapasan seperti Pneunomia akut dan berakhir kepada kematian (Pane, 2020).

   Salah satu daerah infeksi COVID-19 ini berada di Indonesia. Indonesia yang dikenal sebagai neraga tropis ini dulu dianggap sebagai negara yang "bebas COVID-19". Namun, hal ini berubah sejak ditemukannya dua warga indonesia yang terpapar oleh virus ini di daerah Depok (Fadhil, 2020). Tertanggal 29 Maret 2020 ini sudah terjadi 6396 kasus dengan rincian 1285 positif, 5111 negatif, 64 sembuh, dan 114 orang meninggal (Kemkes RI, 2020).

   Setelah membaca pemaparan di atas, mari kita lanjutkan untuk mengetahui peluang bisnis dilakukan masyarakat dalam pendemik global COVID-19 ini.

Dampak Positif COVID-19 Terhadap Peluang Bisnis di Indonesia

Source: Tribunnews
   Salah satu peluang pada fase pandemik global ini berada pada sektor bisnis kesehatan. Hal ini dinyatakan oleh Mentri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Ia menyatakan bahwa pada saat inilah di mana Indonesia dapat memproduksi bahan baku medis sendiri. Pernyataan ini dilontarkan dikarenakan 60% dari sumber bahan baku medis Indonesia berasal dari Tiongkok. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan akan mendorong usaha Obat Modern Asli Indonesia (OMAI). OMAI sendiri sudah diterapkan oleh salah satu perusahaan farmasi di Indonesia yaitu Dexa Group. Mereka dapat menciptakan obat inlacin dan Diabetes (Billy, 2020).

Source: Kompas
   Di sektor pertanian pun tidak mau kalah. Duta petani Milenial Kementerian Pertanian (Kementan), Sandi Octa Susila melakukan gebrakan baru dalam menyikapi pandemik global COVID-19 ini. Didasarkan kepada produk pangan impor yang mulai sulit didapatkan akibat kebijakan negara pengimpor dalam menangkal penyakit COVID-19 ini, Sandi mengatakan bahwa saat inilah produk lokal akan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

   Salah satu metode yang diterapkan oleh Sandi ialah menyediakan layanan antar produk pangan. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah serta mematuhi protokol COVID-19 yang menghibau masyarakat agar tetap ada di rumah. Cara memesan layanan ini cukup mudah, pengguna cukup memesan pangan yang diinginkan via website ataupun Whatsapp. Sebagai catatan, ia menambahkan bahwa terdapat 141 jenis pangan yang sudah siap dijual kepada masyarakat (Nidya, 2020).

   
Source: Kompas
   Dari sektor UMKM juga mendapatkan peluang bisnis yang sangat baik. Mengingat bahwa sektor impor pangan sedang mengalami kemunduran, pada fase inilah UMKN dapat megembangkan sayapnya ke dalam komoditas di Indonesia. Praktisi koperasi milenial dan ekonomi kerakyatan, Frans Meroga Panggabena megatakan jika diasumsikan bahwa produk UMKM dapat menjadi substitusi impor, maka sama artinya mencetak 2 juga orang agroprenur baru (Budi, 2020).

Source: Kompas
   Dari sektor fintech, akibat COVID-19 ini mempunyai implikasi beragam terhadap perkembangan bisnisnya di Indonesia. Dari implikasi tersebut terdapat peluang bisnis pinjaman yang dapat dikembangkan secara maksimal. Hal ini mendukung masyarakat yang masih membutuhkan dana namun tidak dapat keluar rumah. Pinjaman Digital dari fintech menjadi salah satu cara mereka dalam mendapatkan dana tersebut (Nurul Ulya, 2020).

Penutup

Source: St. Charles County
   itulah beberapa dampak positif terhadap peluang bisnis sektor lokal, nasional, atau global yang terjadi akibat global pandemic bernama COVID-19. Saya berharap agar artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

Daftar Pustaka

Fadhil, Haris (2020), 2 Warga Depok Positif Corona, Pengawasan Kedatangan di Kualanamu Diperketat, DetikNews, diakses pada 29 Maret 2020, Link
PHEOC (2020), Data Covid-19 Terkini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Pane, Merry Dame Cristy (2020), Virus Corona, Alodokter, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Billy, Apfia Tioconny (2020), Wabah COVID-19 Peluang Indonesia Tingkatkan Obat Modern Asli Indonesia, Tribunnews, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Inadha Rahma, Nidya (2020), Duta Petani Milenial: Covid-19 Buka Peluang bagi Produk Pertanian Lokal, Kompas, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Ari, Santo (2020), Pandemi Covid-19, Petani Milenial Siapkan Layanan Antar Produk Pangan, Tribunnews, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Budi, Kurniasih (2020), Ancaman Covid-19, Apa Benar Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis bagi UMKM?, Kompas, diakses pada 29 Maret 2020, Link
Nurul Ulya, Fika (2020), Wabah Corona, Peluang dan Tantangan Besar untuk Fintech, Kompas, diakses pada 29 Maret 2020, Link

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eucliwood Hellscythe's Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -