Posted by : Raindeca Dzulikrom Haqqu Sunday, April 14, 2019

Sumber: Flevy

     Di salah satu aspek penting dalam ITIL (Information Technology Infrastructure Library) terdapat satu hal yang disebut service design. Menurut Wikipedia Indonesia, Service Design merupakan suatu alat agar layanan TI dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis. Service Design berisi prinsip-prinsip dan metode-metode desain untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi TI dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan sebagainya.
   Nah, salah satu yang menjadi perbincangan dari tahun 2011 ini ialah perbedaan dari BRM (Business Relationship Management) dan SLM (Service Level Management). Lalu apakah perbedaan dari kedua hal tersebut? Penasaran?
     Mari kita coba telaah secara seksama.

Business Relationship Management (BRM)

Sumber: saizenitc.com
     Secara terjemahan bahasa Indonesia, BRM mempunyai 3 elemen definisi yaitu bisnis, hubungan, dan manajemen. Artinya secara garis besar BRM akan meliputi ketiga elemen dari setiap definisinya. Dikutip dari Flevy, BRM mempunyai tujuan yaitu untuk mengadakan dan menjaga agar terjadi hubungan yang positif dalam bisnis, menyediakan masukan dan arahan di dalam desain, dan mengantarkan berbagai macam layanan yang ada untuk sebuah tujuan yaitu hasil dari bisnis yang diinginkan.
    Dalam penerapannya, terdapat dua aspek penting atau main focus dari subjek batasan BRM. Kedua hal itu ialah Strategic dan Operational.
   Intinya, BRM adalah sebuah proses bisnis di mana terjadi hubungan positif antar bisnis itu sendiri dan diatur dalam kiat manajemen berdasarkan strategi taktis dan operasional.

Service Level Management (SLM)

Sumber: wiki.en.it

  Dari segi bahasa kita dapat secara kasar menerjemahkan bahwa SLM adalah sebuah tingkatan layanan manajemen. Menurut Wiki.en.it, SLM mempunyai tujuan untuk mendapatkan kesepakatan antara tingkatan service dengan kostumer lalu mendesain layanan tersebut sesuai dengan target kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya.
    Dalam penerapannya, terdapat dua aspek penting atau main focus dari subjek batasan SLM. Kedua hal itu ialah Operational dan Tactical.

Apakah Perbedaannya?

Sumber: cmnogueira
   Bedasarkan data dari tabel di atas. Dapat ditarik sebuah garis di mana BRM lebih menekankan kepada hubungan bisnis sedangkan SLM lebih menekankan terhadap Agreement. Selain itu, fokus utama BRM adalah srategis dan taktis dan SLM adalah Operasional dan taktis.
     Lalu ukuran utama dari BRM adalah kepuasan pelanggan atau kostumer sedangkan ukuran utama SLM ialah menyelesaikan kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya.

Penerapan.

Source: Flaticon
    Di artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai salah satu perusahaan raksasa Google. Maka mari kita coba analisa menggunakan pendekatan BRM dan juga SLM.
    Jika kita lihat desain yang telah dibuat Google maka ia sebenarnya menerapkan kedua desain ini. BRM mengutamakan kepuasan pelanggan. Hal itu dibuktikan dengan layanan mereka yang selalu memanjakan para kostumer. Sebut saja produk mereka yaitu Youtube yang telah memberikan kepuasan tersendiri kepada pelanggan. Lalu akes kepuasan fasilitas dari google yaitu integrated login system. Semuanya telah dipersiapkan.
     SLM, dilain pihak, telah dilakukan oleh perusahaan besar ini di dalam mengatur cloud computing. Google menyediakan layanan cloud dengan memenuhi Engine Service Level Agreement (SLA). Kesepakatan tersebut dapat dibaca melalui halaman ini.

Penutup

    Itulah pembahasan yang saya bisa tulis di artikel ini. semuga di lain kesempatan, saya dapat membuat tulisan yang lebih detil dan lebih baik dari pada sebelumnya. Mohon maaf jika ada kesalahan, karena kesalahan hanya milik manusia dan kebenaran hanya milik Allah SWT. Sekian dan sampai jumpa lagi.

Daftar Pustaka

https://purplegriffon.com/blog/brm-vs-slm diakses pukul 15.15 WIB
http://flevy.com/blog/itil-business-relationship-management-the-hidden-process/ diakses pukul 15.15 WIB
https://www.axelos.com/news/blogs/may-2015/cx-brm-slm diakses pukul 15:15 WIB
https://advisera.com/20000academy/blog/2013/07/15/business-relationship-management-service-level-management-much-management/ diakses pukul 3:!6 WIB
http://www.saizenitc.com/mycareermentor.in/page-ITIL.html diakses pukul 3:!6 WIB
http://www.cmnogueira.pt/2013/04/01/an-introduction-to-itil-part-15/ diakses pukul 15:16 WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL diakses pukul 15:17 WIB
https://www.helpsystems.com/solutions/it-operations-management-automation/service-delivery-itil-version-2/service-level-management diakes pukul 15:17 WIB
https://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/Service_Level_Management diakses pukul 15:17 WIB
https://www.comparebusinessproducts.com/briefs/google-relationship-management-grms-growing-impact-crm-socia diakes pukul 15:18 WIB
https://cloud.google.com/compute/sla diakses pukul 15:18 WIB

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Eucliwood Hellscythe's Blog - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -